Inilah 5 Cara Mengobati Luka Bakar

Cara Mengobati Luka Bakar
Inilah 5 Cara Mengobati Luka Bakar
Sumber foto : google.com

Inilah 5 Cara Mengobati Luka Bakar

Halo semua sahabat Blogmonyza kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara mengobati luka bakar untuk kamu semua. Dan saya berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Beberapa luka bakar dapat dirawat di rumah, tetapi yang lain membutuhkan perawatan dokter. Berikut cara membedakannya, ples cara untuk mengobati rasa sakit terbakar.

Luka bakar tidak pernah menyenangkan untuk didapatkan, tetapi obat luka bakar untuk sebagian besar luka bakar ringan dapat ditangani di rumah.

Langkah pertama Anda adalah menentukan apakah luka bakar Anda cukup ringan untuk menghentikan perawatan luka bakar profesional. Pertimbangkan faktor-faktor ini:

Tingkat luka bakar.
Luka bakar tingkat pertama, yang hanya mempengaruhi lapisan atas kulit, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Luka bakar tingkat dua, yang lebih dalam, juga akan menghasilkan lepuhan.

Luka bakar tingkat tiga, tipe yang paling parah, ditandai dengan kulit putih dan kulit yang hangus dan mati rasa. Orang dengan luka bakar tingkat tiga mungkin memerlukan cangkok kulit, jadi bantuan medis harus selalu dicari dengan segera. Untuk luka bakar lainnya, carilah perawatan luka bakar medis jika Anda sama sekali ragu.

Lokasi luka bakar.
Luka bakar pada mata, mulut, tangan, dan daerah genital harus selalu dirawat oleh para profesional medis, bahkan jika mereka ringan.

Ukuran luka bakar.
Luka bakar yang ukuran telapak tangan Anda atau lebih besar harus selalu dirawat oleh dokter.


Gejala fisik yang tidak biasa. Luka bakar yang disertai demam, pembengkakan yang berlebihan, drainase yang berbau busuk atau berbau busuk, atau lepuh yang berisi cairan kehijauan atau kecoklatan membutuhkan perhatian medis. Luka bakar yang tidak sembuh dalam dua minggu juga harus dilihat oleh dokter.

Perawatan Bakar di Rumah

Jika Anda merasa yakin bahwa luka bakar Anda dapat dirawat di rumah tanpa intervensi medis, ikuti langkah-langkah berikut untuk membantu menyembuhkannya:

Jalankan air dingin (tidak dingin) di atas area yang terbakar dan tahan kompres dingin di atasnya sampai rasa sakit berkurang. Es tidak dianjurkan.

Gunakan perban yang kering dan steril atau pakaian lain untuk melindungi area yang terbakar dari kerusakan lebih lanjut. Krim antibiotik dapat digunakan sebelum perban diterapkan.


Meringankan rasa sakit.
Rasa sakit yang tersisa dari luka bakar dapat diobati dengan obat anti-inflamasi over-the-counter, seperti acetaminophen dan ibuprofen. (Jangan berikan aspirin kepada anak-anak yang kurang dari 12 tahun.)

Periksa imunisasi tetanus Atahu
Bahkan luka bakar ringan dapat menyebabkan tetanus, kondisi serius yang menyebabkan otot-otot di tubuh mengencang. Orang dewasa harus diimunisasi untuk tetanus setiap 10 tahun sekali. Jika vaksinasi tetanus pasien luka bakar tidak up to date, dia harus mendapatkan booster di kantor dokter.

Rawat luka bakar kimia ringan.
Pertama buang sisa kimia dari kulit. Jika bahan-bahan kimia itu kering, sikatlah dengan tangan Anda sambil mengenakan sarung tangan, lalu letakkan korban di dalam pancuran air dingin paling tidak selama 15 menit. Bahan kimia basah harus dibilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 menit.


Membakar resep obat-obatan

Ada beberapa perawatan luka bakar yang dialami oleh para lansia yang sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan harus dihindari. Berikut dibawah ini:

Menerapkan mentega.
Meskipun berabad-abad saran, mentega dan zat berminyak lainnya dapat menyebabkan infeksi pada luka bakar. Mereka juga dapat membuat lebih sulit bagi dokter untuk mengobati luka bakar nanti, jika itu perlu.

Luka pecah.
Ini juga dapat meningkatkan kemungkinan infeksi.

Menghapus pakaian yang melengket.
ika pakaian terperangkap di kulit yang terbakar, dangan mencoba untuk melepaskannya - dapatkan bantuan medis.

Nah itulah artikel 5 cara mengobati luka bakar, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk berkomentar dan berikan saran untuk admin dalam membuat artikel tentang apa. Karena guru terbaik adalah saran dan kritik dari anda. Terima kasih.

Post a Comment

Tambahkan Komentar Anda Disini.
Dilarang komentar dengan menyertakan link aktif/tidak aktif.
Dilarang promosi blog.